Sabtu, 10 Maret 2012

Overclocking Otak Manusia Kini Bisa Juga Dilakukan - Tak hanya perangkat keras Komputer yang sering kita jumpain dalam duna Teknologi Informasi ini ternyata Overclocking otak manusia kini bisa juga dilakukan.

GoFlow Startup akan mengembangkan dan mengomersialkan alat yang memungkinkan untuk Overclocking otak manusia. Perangkat tersebut yang disebut Do-It Yourself ( DIY) Transcranial Direct Stimulation (TDS) kit.
Overclock merupakan istilah yang umumnya terkait dengan alat elektronik maupun perangkat keras komputer, yakni dengan memacu dan meningkatkan performa kinerjanya. Dikutip dari techno Okezone bahwa para Ilmuan yakin bahwa Overclocking yang biasa diterapkan pada alat elektronik seperti perangkat keras komputer ini bisa juga diterapkan pada otak manusia melalui perangkat TDS kit tersebut.

Banyak tanda tanya bermunculan ketika mendengar informasi bahwa Overclocking ini bisa diterapkan pada otak manusia. Overclocking ini bekerja dengan pemberian arus searah ke otak. Seperti halnya perangkat komputer bila ingin mendapatkan performa dan kinerja yang lebih maka memberikan arus daya yang lebih.
TDS kit ini mencakup beberapa elektroda yang dapat disematkan di area manapun pada otak yang ingin ditingkatkan. Dijelaskan bahwa, pemakaian secara konstan, dapat mengalirkan elektroda menembus neurons (sel saraf), menjadikannya untuk saling menguatkan koneksi, inilah yang disebut dengan 'synapses'. Demikian dilansir Softpedia, Jumat (9/3/2012).

Kecanggihan teknologi akan mampunya penerapan Overclocking pada otak manusia juga dapat memberikan efek seperti gangguan psikologis, termasuk rasa kecemasan dan depresi. Bahkan, beberapa doktor dipekerjakan untuk mengatasi gangguan motorik yang berkembang pada pasien stroke (serangan otak).
Banyak para ahli Bioetika yang mendepatkan apakah Transcranial Direct Stimulation (TDS) kit ini perlu digunakan atau tidak. Namun banyak juga para orang tua yang mendukung Transcranial Direct Stimulation (TDS) kit ini untuk anak - anaknya.

Sementara itu, teknik ini juga menimbulkan pertanyaan apakah adil bagi golongan anak-anak tertentu, khususnya yang memiliki ekonomi menengah ke bawah, mengingat perangkat TDS kit ini lebih mudah diakses untuk orang kaya. Dikabarkan, GoFlow TDS kit ini dibanderol mulai dari harga paling murah, yaitu USD99 atau sekira Rp900 ribu.

Salah satu keunggulan TDS kit dengan teknik rangsang otak ini, yaitu perangkat bekerja langsung pada neuron, tanpa melalui bahan kimia. Kemungkinan besar, dalam waktu beberapa tahun, para ilmuwan akan terus mengembangkan TDS kit untuk penggunaan aplikasi yang lebih luas.

Sumber : techno.okezone.com

2 komentar:

  1. mantap banget artikelnya....


    follow bloq kita yea......

    BalasHapus
  2. mantap banget artikelnya....


    follow bloq kita yea......

    BalasHapus