Jumat, 07 Januari 2011

Peserta Ujian Nasional (UN) pada 2011 ini bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, kelulusan UN tahun ini tidak semata berdasarkan hasil UN yang dilaksanakan.
Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) pasal 72 ayat 1 yang menyatakan bahwa kelulusan peserta didik tidak hanya dinilai dari hasil UN semata.
Meski begitu, untuk masuk ke perguruan tinggi, UN tetap menjadi salah satu syarat.
Terkait kebijakan ini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, HM Wardan Kepada Riau Pos Kamis (6/1) di Pekanbaru mengakui sudah mengetahui hal tersebut. Hanya saja, keputusan dari Kemendiknas melalui surat masih belum diterima olehnya. Meski begitu, dengan keputusan ini Disdik mengaku sudah siap menyosialisasikannya dengan Disdik kabupaten/kota agar siswa dapat nyaman dalam melaksanakan ujian.
‘’Saya memang sudah mendengar dan mengetahui hal ini baru dari pemberitaan dan internet. Namun, pemberitahuan secara resmi dari Kemendiknas belum kami terima. Yang jelas ini sudah baik agar siswa nanti tidak terlalu takut menghadapi UN tahun ini,’’ terangnya.
Menurutnya, dari informasi yang diketahuinya terkait kelulusan UN terdapat beberapa syarat lainnya. Di antaranya adalah nilai UN, menyelesaikan program pembelajaran, lulus ujian sekolah, dan perolehan nilai baik pada semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, akhlak mulia, kewarganegaraan, kepribadian, estetika, jasmani, kesehatan, dan olahraga juga menjadi indikator kelulusan UN. Sementara penilaian yang diberikan dalam bentuk tertulis, tes perbuatan, dan pengamatan.
Meski saat ini Kemendiknas sudah memiliki kriteria lainnya kelulusan UN, namun syarat lulus tetap sama. Di antaranya, standar nilai kelulusan 5,5 pada setiap mata pelajaran masih digunakan. Standar tersebut terbilang masih wajar karena penentuan standar nilai itu belum bisa dinaikkan hingga standar pelayanan minimun (SPM) pendidikan di setiap daerah sudah sama.
‘’Mungkin saja kita belum mendapatkan surat tersebut dan banyak masyarakat yang belum mengerti. Namun jika surat sudah kita terima dan juklaknya juga sudah ada kita akan sosialisasikan semuanya. Jadi ke depan siswa tidak membuat UN itu sebagai momok untuk kelulusannya. Cukup belajar dengan baik, siswa pasti akan lulus,’’ terangnya

0 komentar:

Poskan Komentar